Aparatur MS Sigli Ikuti Pembinaan Ketua MS Aceh

0
386

ms-sigli.go.id

SIGLI – Jumát (29/5/2020), Aparatur Mahkamah Syar’iyah Sigli I.B mengikuti kegiatan Pembinaan dari Ketua Mahkamah Syaríyah Aceh Dra. Hj. Rosmawardani, S.H, M.H serrta Hakim Tinggi Drs. Darmansyah Hasibuan, S.H, M.H dan Panitera Drs. Syafruddin.  Pembinaan berlangsung di ruang sidang utama dan hadir dalam pembinaan tersebut Ketua MS Sigli, Wakil Ketua, Panitera, Sekretaris, Para Hakim, Pejabat Fungsional dan Pejabat Strutural, staff serta pegawai PPNPN.

Sebelum Pembinaan di mulai, Ketua MS Aceh beserta Hakim Tinggi dan Panitera MS Aceh melakukan monitoring kebersihan kantor, sarana dan prasarana, layanan PTSP, ruang arsip, cek ruang Kepaniteraan, ruang Kesekretariatan, ruang hakim, pemeriksaan beberapa berkas perkara, dan lain-lain. Setalah hampir 2 jam monitoring, tepat pukul 11.00 wib, Pembinaan berlangsung. Ketua MS Aceh Dra. Hj. Rosmawardani, S.H, M.H mengingatkan kepada Aparatur MS Sigli agar menghafal dan mendalami makna 8 nilai utama Mahkamah Agung RI dalam aktifitas sehari-hari. Beliau juga menjelaskan usaha-usaha yang beliau lakukan terkait kelancaran penyelesaian perkara jinayat yang ditangani oleh Mahkamah Syar’iyah diantaranya ketersedian anggaran dan dukungan penuh dari Pemerintah Aceh dan pemerintah kabupaten karenanya sejak menjabat Ketua MS Aceh, beliau melakukan pertemuan-pertemuan dengan Pimpinan Lembaga daerah, Gubernur, Wali Nanggroe, MPU, dan Bupati-bupati di daerah.

Sementara itu Hakim Tinggi Drs. Darmansyah Hasibuan, S.H, M.H dalam pembinaan itu menjelaskan  mengenai pembangunan Zona Interigritas (ZI) menuju WBK/WBBM. Beliau memberikan Pengetahuan kepada peserta pembinaan terkait Komitmen setiap aparatur Mahkamah Syar’iyah Sigli dan 6 Area dalam membangun ZI tersebut menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Bersih Bebas Melayani (WBBM) mulai dari Manajemen Perubahan, Penataan Tata Laksana, Penataan Sistem Manajemen SDM, Penguatan Akuntabiitas, Penguatan Pengawasan, dan Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik. Beliau mengharapkan bila MS Sigli memulai pencanangan ZI menuju WBK/WBBM tahun 2021 ini bisa mempersiapkan dokumen secara baik sebelum turun tim penilai menpan RB. Lebih lanjut beliau sangat menekankan dalam pembangunan ZI tidak untuk mengejar Sertifikat namun penerapan yang komprehensif dalam aktifitas sehari-hari sehingga terlihat adanya perubahan di MS Sigli.

Kemudian Panitera MS Aceh Drs. Syafruddin menyampaikan pembinaan terkait temuan dalam pemeriksaan berkas perkara yang diajukan banding. Beliau mengungkapkan hasil temuan yang menurutnya dari dulu temuannya juga seperti itu diantaranya Berita Acara Sidang dan hal-hal lainnya terkait perkara yang diajukan banding. Beliau juga sangat mengharapkan bahwa perkara yang diajukan banding tidak berlama-lama di MS tersebut dan dalam tempo satu bulan harus terkirim MS Aceh sehingga para pihak tidak menunggu lama untuk memperoleh kejelasan perkaranya.

Pembinaan berlangsung sampai sore jam 17.00 WIB setalah diskor sholat Jumát dan ikut bersama pembinaan Integritas dan Mentalitas Pegawai oleh Dirjen Badilag . Ketua MS Sigli Drs. H. Juwaini, S.H, M.H berharap dengan pembinaan dari Ketua MS Aceh, Hakim Tinggi, dan Panitera MS Aceh bisa menjadi sugesti dalam memperbaiki pelaksanaan tugas dan meningkatkan kinerja pelayananan MS Sigli tahun 2021 ini.

(FR)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini