MS Sigli Saksikan Live Streaming Pembinaan Oleh Hakim Agung

0
177

Sigli | ms-sigli.go.id

SIGLI – Jum’at (05/06/2020), Berdasarkan Surat Direktur Jenderal Badan Peradian Agama Nomor : 1939/DJA/ HM.00/6/2020, tanggal 03 Juni 2020, Perihal Pembinaan oleh Hakim Agung dalam rangka meningkatkan kualitas dan kapasitas hakim serta aparat peradilan agama dalam permasalahan teknis yustisial, Ditjen Badilag mengadakan pembinaan dan kajian rutin dengan menghadirkan Hakim Agung dari Kamar Agama Mahkamah Agung RI.

Tepat pukul 09.00 WIB, bertempat di Ruang Command Center, Ketua MS Sigli Dr. H. Munir, SH, M.Ag, Waka Drs. H. Juwaini, S.H, M.H beserta Sekretaris, Panitera, para Hakim dan para pejabat Kepaniteraan berkempatan mengikuti kajian dan pembinaan oleh Hakim Agung YM. Dr. Mukti Arto, S.H, M.Hum secara langsung (live streaming) melalui chanel Youtube Direktoral Jenderal Badan Peradilan Agama MARI pada www.youtube.com/c/dokinfobadilag. Ada pun tema yang disampaikan oleh Hakim Agung YM. Dr. Mukti Arto, S.H, M.Hum pada kajian dan pembinaan tersebut adalah tentang Permasalahan Hukum Keluarga.

Dalam pengantarnya Dirjen Badan Peradilan Agama MARI Dr. Drs. Aco Nur, S.H., M.H saat membuka Pembinaan dan Kajian itu memberikan beberapa pengarahan diantaranya tentang penilaian SIPP mingguan, kinerja Satker triwulan, pemanfaatan 11 Aplikasi yang telah diluncurkan oleh Badilag dan beliau sangat mengharapkan agar seluruh pengadilan Agama di Indonesia menggunakan 11 aplikasi tersebut. Hakim Agung Dr. Mukti Arto, S.H, M.Hum., dalam pembinaan itu mengingatkan kembali tugas sejati pengadilan modern adalah menyelesaikan semua masalah yang diajukan pencari keadilan. Pengadilan wajib memeriksa, mengadili, dan memutuskan perkara dengan amar yang adil, ideal, dan eksekutabel. Kemudian beliau melanjutkan bahwa dalam menyelesaikan perkara ada tiga perangkat hukum yang harus diterapkan yakni Hukum Materiil, hukum formil, dan Ex officio hakim. Setelah Hakim Agung menyampaikan pembinaannya, kemudian dilanjutkan dengan tanya jawab.

Dalam kegiatan pembinaan secara virtual  berjalan dengan baik dan lancar dari awal sampai selesai dan walaupun mengikuti pembinaan dalam masa pandemi Covid-19, Apartur MS Sigli yang menyaksikan kajian dan pembinaan tersebut terlihat sangat antusias menyaksikan pemaparan demi pemaparan yang disampaikan oleh Hakim Agung tersebut.

(FR)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini