Assesment Eksternal APM 2019 di MS Sigli

0
493

ms-sigli.go.id

SIGLI – Mahkamah Syar’iyah Sigli Kelas I.B kedatangan Tim Assesor Eksternal dari Mahkamah Syar’iyah Aceh pada hari Jum’at (08/11/2019). Tim tersebut yaitu Khairuddin, S.H, M.H sebagai Lead Assesor, Ratna Juwita, S.Ag, S.H, M.H dan M. Fathur Razaq, S. KOM sebagai pendamping Assesor, tiba di MS Sigli tepat pukul 08.00 wib dan disambut oleh Ketua MS Sigli, Ketua Tim APM, serta seluruh aparatur MS Sigli. Kedatangan tim Assesor Eksternal dalam rangka untuk melakukan assessment Surveillance dan evaluasi implementasi Akreditasi Penjaminan Mutu (APM)Gelombang  II Tahun 2019 pada MS Sigli.

Tim mengawali prosesi  kegiatan evaluasi implementasi APM di MS Sigli dengan melakukan observasi terkait kondisi sarana dan prasarana, kebersihan lingkungan kantor, ruangan Arsip, wawancara dengan petugas PTSP terkait pelayanan kepada masyarakat, mengamati penerapan budaya kerja 3S (Senyum, Salam, Sapa), 5R (Resik, Rawat, Rapi, Ringkas, Rajin), cek kesesuaain pelaksanaan penyelesaian perkara di SIPP dan berkas perkara semenjak di daftar sampai one day minute dan one day publish,  implementasi E-Court, serta penerapan 9 (sembilan) aplikasi inovasi yang di releas oleh Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung RI.

Setelah Tim Assesor melakukan observasi, kegiatan dilanjutkan dengan meeting di ruang sidang utama dengan agenda evaluasi implementasi APM di MS Sigli.  acara dibuka oleh Nurlaili, S.H sebagai MC, kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne mahkamah Agung RI dan pembacaan do’a oleh Hakim Drs. Ramli, M.H. Kemudian sambutan dari Lead Assesor Khairuddin, S.H., M.H, setelah itu di lanjutkan dengan yel-yel APM MS Sigli yang di pimpin oleh Ketua Tim APM MS Sigli Drs. Razali N. Selanjutnya acara dilanjutkan dengan presentasi evaluasi implementasi APM oleh Ketua Dr. Munir, S.H, M.Ag selaku Top Manajemen. Dalam presentasinya beliau memaparkan profil singkat MS Sigli, keadaan perkara dan penyelesaiannya, capaian tindak lanjut yang telah dilaksanakan dari hasil SAPM tahun 2018, dan kinerja MS Sigli selama penerapan APM.

Kemudian setelah presentasi, acara dilanjutkan dengan tanya jawab antara Tim Assesor Eksternal dengan Tim Penjaminan Mutu MS Sigli. Tim mengajukan pertanyaan-pertanyaan kepada Tim APM MS Sigli terkait implementasi APM di MS Sigli. Suasana tanya jawab begitu hidup dan lancar karena Tim APM MS Sigli dapat menjawab dengan jelas setiap pertanyaan yang diajukan. Kegiatan ditutup dengan penyampaian kesimpulan hasil evaluasi oleh Ketua Tim  dan berakhir dengan foto bersama.

FR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini