Hakim Pengawas MS Sigli : 1 Terpidana Gagal di Cambuk Karena Hamil

0
141

ms-sigli.go.id

SIGLI – Hakim Mahkamah Syar’iyah Sigli IB Drs. Razali N yang ditunjuk oleh Ketua MS Sigli untuk mengawasi pelaksanaan eksekusi cambuk, mengatakan bahwa satu Terpidana jarimah Ikhtilath yang berinisial FT (29) batal menjalani eksekusi hukuman 27 kali cambuk dihalaman Mesjid Agung Al Falah Kabupaten Pidie, kamis (14/11/2019) siang. Pembatalan eksekusi hukuman cambuk itu dilakukan karena Terpidana yang merupakan warga Gampong Simpang Kecamatan Glumpang Tiga sedang dalam keadaan hamil.

Meski batal dan tidak jadi dieksekusi cambuk,Terpidana FT (29) tetap dihadirkan ke atas panggung di halaman Mesjid Agung tersebut. Jaksa Eksekutor Kejaksaan Negeri Pidie membacakan Salinan Putusan MS Sigli nomor 22/JN/2019/MS.Sgi tanggal 30 Oktober 2019 dan surat keterangan dari LAPAS Perempuan Kelas II Sigli yang menerangkan hasil pemeriksaan dari tim medis bahwa Terpidana tersebut hamil.

“Dari 4 Terpidana yang dicambuk, 1 Terpidana di tunda cambuknya karena hamil sehingga eksekusi hukuman cambuk terhadap yang bersangkutan tidak dapat dilaksanakan.  tadi saya, Jaksa, dan Pejabat Satpol PP dan WH sudah musyawarah bahwa eksekusi akan dilaksanakan setelah melahirkan. Sambil menunggu proses persalinan, Terpidana FT tidak ditahan lagi dan akan dikembalikan ke keluarga”. Kata Razali N

Terpidana FT (29) divonis bersalah oleh Majelis Hakim Mahkamah Syar’iyah Sigli karena terbukti melanggar Pasal 25 ayat (1) Qanun Nomor 6 tahun 2014 tentang hukum jinayat. Ia bersama Terpidana ZS (35) di ciduk oleh warga Gampong Simpang Kecamatan Glumpang Tiga sedang berduaan di dalam rumah FT pada hari Rabu (11/9/2019). Dalam proses pemeriksaan di persidangan ZS dan FT terbukti melakukan tindak pidana Ikhtilath.

(FR)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini